Pemprov Jambi Perkuat Reformasi Birokrasi, Wamen PAN-RB: Birokrasi Harus Adaptif dan Responsif
NCCMEDIA.ID,
Jambi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menggelar audiensi bersama
Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
(Wamen PAN-RB) Republik Indonesia, Komjen. Pol. (Purn) Drs. Purwadi
Arianto, M.Si, dalam rangka memperkuat peningkatan kualitas pelayanan
publik serta pelaksanaan reformasi birokrasi di Provinsi Jambi, Kamis
(18/09/2025) pagi.
Audiensi
tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris,
S.Sos., MH., unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)
Provinsi Jambi, Deputi dan Asisten Bidang Pelayanan Publik Kementerian
PANRB, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, serta perwakilan
Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.
Dalam
sambutannya, Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa kedatangan Wamen
PAN-RB ke Provinsi Jambi merupakan momentum penting dalam memperkuat
sistem pelayanan publik yang lebih responsif, transparan, dan
berorientasi pada kepuasan masyarakat.
“Persoalan
pelayanan publik ini merupakan tugas kita sebagai Aparatur Sipil Negara
(ASN). Kita juga harus terus meningkatkan kepuasan masyarakat, terutama
dalam sektor pelayanan publik dan reformasi birokrasi,” tegas Gubernur
Al Haris.
Dalam
kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga mengucapkan terima kasih
atas kehadiran Wamen PAN-RB dan mempersilakan kepala daerah di Provinsi
Jambi untuk berdialog langsung terkait persoalan tenaga non-ASN di
daerah masing-masing.
Sementara
itu, Wamen PAN-RB Purwadi Arianto mengungkapkan, kunjungannya ke
Provinsi Jambi bertujuan memastikan program-program prioritas pemerintah
pusat dapat berjalan dengan baik, berkesinambungan, serta dirasakan
langsung oleh masyarakat.
“Tentunya
kebijakan ini sejalan dengan program prioritas Bapak Presiden, baik itu
terkait makan bergizi gratis, cek kesehatan gratis, sekolah rakyat,
koperasi merah putih, dan perumahan rakyat,” ujar Wamen Purwadi.
Ia
menegaskan, seluruh program tersebut diarahkan untuk meningkatkan
kualitas hidup masyarakat agar lebih sehat, sejahtera, dan berdaya
saing. Untuk itu, menurutnya dibutuhkan sinergi aktif antara
kementerian, lembaga, pemerintah daerah, serta para pemangku
kepentingan.
“Harus ada kolaborasi yang aktif, sehingga kita bisa mencapai sasaran yang diinginkan,” tambahnya.
Lebih
lanjut, Wamen PAN-RB menilai Provinsi Jambi memiliki potensi besar
dalam memperkuat kepercayaan masyarakat, khususnya melalui pelayanan
publik yang adaptif dan birokrasi yang berorientasi pada kebutuhan
rakyat.
“Birokrasi harus adaptif dan berorientasi pada kebutuhan. Tugasnya bukan sekadar mengurus saja, namun juga harus meningkatkan kepercayaan masyarakat. Kunci dari kepercayaan masyarakat itu ada dua, yaitu ketulusan dan responsif,” pungkasnya.(*)
.jpeg)